banner 981x668

PDI P Lakukan Jalan Kaki ke KPU, Targetkan 18 Kursi di Jembrana

banner 120x600

Jembrana (JPost) – Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2024 di Kabupaten Jembrana telah dilakukan oleh DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Rabu (11/5) kemarin. Dalam pendaftaran ini, PDIP mengajukan 35 bacaleg yang mengunjungi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jembrana, dengan melibatkan semua bacaleg, ratusan kader, dan simpatisan.

Setelah menerima Berita Acara penerimaan pendaftaran, Sekretaris DPC PDIP Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi, menyatakan bahwa PDIP mengajukan 35 bacaleg untuk lima daerah pemilihan, dengan memenuhi persyaratan kuota 30 persen untuk perempuan. Sebagai partai petahana dengan kursi terbanyak di DPRD Jembrana, Sri Sutharmi mengungkapkan bahwa dari 18 petahana, satu di antaranya tidak dicantumkan karena diajukan ke tingkat provinsi, yakni I Ketut Sudiasa yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Jembrana.

“Dari 35 bacaleg tersebut, 17 di antaranya adalah petahana yang mendaftar. Satu orang tidak masuk karena mendaftar sebagai bacaleg provinsi,” ujar Sri Sutharmi. Ia menjelaskan bahwa pendaftaran dilakukan dengan melibatkan kader dan simpatisan, dengan mengusung tema budaya. Oleh karena itu, pendaftaran dilakukan melalui long march sejauh 1 kilometer yang menampilkan berbagai seni budaya khas Jembrana, seperti rindik, bleganjur, dan Hadrah. Selain itu, juga terdapat kelompok bela diri silat, olahraga, serta pertanian.

Baca Juga:  Kekeringan di Jembrana Menjadi, PMI Bali Bantu Truck Untuk Menanggulangi

Selain itu, terdapat perubahan dalam struktur pencalonan dari Jembrana untuk Provinsi. Di antaranya, Ketua DPC PDIP Jembrana I Made Kembang Hartawan, I Ketut Sugiasa, I Gusti Agung Bagus Suryadana, dan Ni Putu Indah. Seorang petahana DPRD Provinsi dapil Jembrana, IGA Diah Werdhi Srikandi, maju sebagai bacaleg DPR RI. “Ini merupakan kali pertama dari dapil Jembrana terpilih maju ke DPR RI, Bu Diah Srikandi,” tambahnya. Untuk target DPRD Jembrana, jumlah kursi tetap 18 seperti saat ini.

Baca Juga:  Wabup Ipat Tinjau Pelaksanaan Jumbara PMR ke-XIV PMI Jembrana 2023.

Ketua KPU Jembrana, I Ketut Gde Tangkas Sudiantara, menyatakan bahwa PDI Perjuangan merupakan partai kedua yang melakukan pendaftaran setelah PKS pada Selasa (10/5). Berkas pendaftaran yang diserahkan oleh PDI P telah diperiksa dan dinyatakan lengkap, dan akan segera diverifikasi. Pendaftaran masih akan dibuka hingga 14 Mei 2023 pukul 23.59 Wita. (Dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 981x668