banner 981x668
BERITA  

Ungkap 10 Ribu Rokok Ilegal, Kapolres Jembrana Harap Ada X-ray di Gilimanuk

banner 120x600

Jembrana (JPost) – Temuan 10 ribu bungkus rokok tanpa cukai alias ilegal menjadi atensi pihak kepolisian. Pasalnya, barang yang dimuat dalam mobil pikap (pick up, red) ini disembunyikan oleh pelaku dan lolos pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk. Selain pemeriksaan barang secara mendetail, kepolisian memerlukan alat pendeteksi langsung di pintu masuk Bali untuk mengantisipasi hal serupa terjadi kembali.

“Tentunya pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk lebih kita tingkatkan dengan tetap berkoordinasi bersama Bea Cukai,” tegas Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana saat dikonfirmasi di Jembrana, Jumat, (14/7/23).

Perwira melati dua di pundak ini mengakui, selama ini kasus seperti ini (penyelundupan barang) dilakukan dengan modus penyamaran atau kamuflase. Selain itu, modusnya juga kerap menitipkan lewat travel-travel yang masuk Bali.

“Tapi temuan dalam jumlah banyak ini baru pertama kali. Tentunya upaya kami adalah dengan meningkatkan pemeriksaan di pintu masuk nanti untuk mengantisipasi adanya rokok ilegal masuk Bali lagi. Karena memang banyak modus yang kami monitor,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sebuah Truk Tabrak Perindang Jalan di Hutan Cekik.

Menurutnya, dengan berbagai cara tersebut, sejatinya pihak kepolisan membutuhkan alat pendeteksi langsung di kendaraan yang masuk. Sebab, jika melakukan pemeriksaan mendetail seperti membongkar serta memeriksa muatan kendaraan yang masuk Bali ditakutkan bakal menganggu aktivitas di Pelabuhan Gilimanuk karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan tentunya cara tersebut menjadi kendala anggota di lapangan.

“Mungkin perlu alat pendeteksi langsung semacam X-ray di pintu masuk Bali. Sehingga bisa diketahui apa saja yang dibawa kendaraan tersebut. Selain itu, pemeriksaan dari petugas harus dilakukan secara mendetail,” tuturnya.

Disinggung mengenai adanya rokok tanpa cukai masuk Bali dalam jumlah besar, mantan Korspripim Kapolda Bali ini mengungkapkan kemungkinan rokok ini beredar di sejumlah warung yang sasaran masyarakat dengan upah secukupnya. Sehingga, peminatnya juga cukup banyak di Bali.

“Dan untuk terlapor serta barang buktinya sudah diserahkan dan akan dilakukan penyidikan oleh Bea Cukai Denpasar,” tandasnya.

Kapolres Ajak Anggotanya Dekatkan Diri kepada Sang Pencipta

Dalam rangka Binrohtal (pembinaan rohani dan mental) telah berlangsung kegiatan persembahyangan bersama yang dipimpin oleh Jero Mangku I Ketut Arsana yang didampingi oleh Jero Mangku Eka Birawa di Pura Pujastuti Polres Jembrana, Jumat (14/7/2023) pukul 08.00 Wita.

Baca Juga:  Pengurus HIPMI Jembrana Dilantik, IPAT Harap Memberi Warna Ekonomi Jembrana

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, menyampaikan bahwa kegiatan persembahyangan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan personel Polres Jembrana terhadap Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Selain itu juga bertujuan untuk memohon berkah dan keselamatan sehingga dapat menjalankan tugas Kepolisian sehingga situasi Kamtibmas wilkum Polres Jembrana dalam keadaan kondusif,” tutup perwira Melati dua di pundak ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 981x668