banner 981x668

Penumpang Kapal Menceburkan Diri di Selat Bali Diduga Hoax, Polisi Lakukan Penyelidikan

Ketenangan Foto : Petugas gabungan melakukan pencarian terhadap penumpang KMP Pratitha yang diduga menceburkan diri di perairan selat Bali, Senin 7 Agustus 2023. Sumber foto : istimewa
banner 120x600

Jembrana (JPost) – Informasi mengenai penumpang KMP Pratitha yang diduga menceburkan diri ke laut di Selat Bali kini tengah menjadi perdebatan, Selasa (8/8/2023), Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Kompol Dewa Putu Werdiana, mengklarifikasi bahwa informasi tersebut mungkin hanyalah sebuah hoax. Menurutnya, koordinasi dengan otoritas pelabuhan tidak menunjukkan adanya penumpang yang hilang dalam manifes penumpang.

Isu ini pertama kali muncul dari unggahan akun media sosial “an.Cucuk Selamet”, yang juga Mualim II KMP Pratitha. Namun, setelah konfirmasi dengan Cucuk Selamet, ternyata akun tersebut telah di-hack oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Keterangan ini membuat informasi tentang penumpang yang menceburkan diri menjadi diragukan kebenarannya.

“Sepertinya begitu, karena yang menyatakan orang kecebur ke laut atas nama Cucuk selamet di medsos, namun yang mempunyai akun tersebut berdalih tidak pernah melihat ataupun mengunggah hal tersebut, jadi mungkin. Dihack,” ucap Werdiana saat dikomfirmasi Wacanabali via pesan singkat.

Baca Juga:  Gawai, Barang Wajib Orang Modern

Meskipun begitu, upaya patroli dan pemantauan tetap dilakukan oleh Basarnas dan Polair untuk memastikan tidak ada kejadian yang sebenarnya terjadi.

Sementara itu, Koordinator SAR Jembrana, Dewa Putu Hendri Gunawan, menjelaskan bahwa pihaknya masih menyelidiki kemungkinan adanya hoax dalam kasus ini.

“Namun kami tidak berani berspekulasi atau menduga-duga, jadi pencarian masih kami lakukan” jelasnya saat dihubungi media.

Kapal KMP Pratitha yang berlayar dari Pelabuhan Gilimanuk pada pukul 17.50 WITA dengan membawa 35 kendaraan juga telah dikonfirmasi tidak ada kejelasan identitas penumpang yang diduga menceburkan diri dan tidak ada saksi yang melihat langsung insiden tersebut.

Polisi tetap melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengklarifikasi kebenaran informasi ini dan memastikan bahwa tindakan antisipatif tetap dijalankan.

Diberitakan sebelumnya di Gilimanuk berkembang informasi ada salah seorang penumpang menceburkan diri ke Selat Bali.
Korban informasinya melompat diperairan Selat Bali tepatnya disekitar lampu tanda ( bui merah ) kedangkalan disebelah utara Pelabuhan Gilimanuk +/- 1 mil dari Dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk pd titik koordinat 08 08 568 S/114 26 053 E.

Baca Juga:  Polisi Amankan Tiga Pelaku Pelemparan Kaca Bus di Melaya, Dua Pelaku Masih Anak-Anak

KMP Pratitha yang dinahkodai Kapt Saiful berlayar dari Pelabuhan Gilimanuk sekira pukul 17.50 wita dimana sesuai data manifest kapal tersebut memuat sebanyak 35 kendaraan.
Namun tidak ada kejelasan identitas yang menceburkan diri dan tidak ada keterangan saksi yang melihat langsung.
Petugas hanya menerima informasi adanya penumpang yang menceburkan diri dan kemudian dilakukan tindaklanjut pencarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 981x668