banner 981x668

Jembrana Berjuang Mengatasi Kekeringan dengan Distribusi Ribuan Liter Air Bersih

Tampak mobil water Canon Polres Jembrana, saat mendistribusikan air kepada masyarakat, di Kelurahan Pendem Kecamatan Jembrana, Jembrana, Rabu (30/8/23) Sumber. Istimewa
banner 120x600

Jembrana (JPost)– Musim kemarau yang melanda wilayah Jembrana akhir-akhir ini telah menimbulkan dampak serius berupa kelangkaan air bersih di beberapa wilayah, termasuk Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana. Menghadapi krisis ini, upaya penyaluran ribuan liter air bersih telah dilakukan untuk membantu warga yang terdampak.

Pada hari Rabu, 30 Agustus 2023, terlihat satu unit mobil tangki dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Mobil Water Cannon dari Polres Jembrana bekerja sama dalam mendistribusikan air bersih ke ratusan kepala keluarga di dua lingkungan di Kelurahan Pendem.

“Di Lingkungan Dewasana ini saja, ada sekitar 200 kepala keluarga yang menghadapi kesulitan mendapatkan air bersih,” kata Kepala Lingkungan (Kaling) Dewasana, I Wayan Sunarta, saat ditemui di lokasi.

Ia melanjutkan, masalah kelangkaan air bersih telah berlangsung selama sebulan terakhir. Sebelumnya, warga mendapatkan pasokan air bersih dari sumber air pegunungan yang dialirkan ke bak penampungan warga. Namun, karena dampak musim kemarau, aliran air dari gunung menurun drastis, sehingga menyebabkan kesulitan warga.

Baca Juga:  Pengerusakan Baliho PDIP di Jembrana, Pande : Belum Penuhi Syarat Formil

“Saat ini, sumber air pegunungan sangat minim, tidak mencukupi untuk warga di hulu,” ungkap Sunarta.

Selain Lingkungan Dewasana, situasi serupa dialami oleh sekitar 300 kepala keluarga di Lingkungan Pancardawa. Pihak berwenang berharap pemerintah daerah dan instansi terkait dapat terus membantu dalam penyaluran air bersih selama musim kemarau ini.

Kabid Linmas Dinas Penanggulangan Kebakaran (Damkar) Jembrana, I Kadek Rita Budhi Atmaja, mengungkapkan bahwa hingga saat ini, sudah sebanyak 10 ribu liter air bersih didistribusikan kepada warga di Lingkungan Dewasana dan Pancardawa. “Hari ini saja, kita sudah dua kali melakukan pendistribusian air dengan mobil tangki yang masing-masing berisi 5 ribu liter,” katanya. Pihaknya juga akan terus memantau stok air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan.

Selain Damkar, satuan Samapta dari Polres Jembrana juga ikut berkontribusi dalam penyaluran air bersih. Sebanyak 6 ribu liter air bersih disalurkan dengan menggunakan mobil water cannon, yang dikoordinir langsung oleh Kasat Samapta Polres Jembrana, AKP I Putu Suparta.

Baca Juga:  PDI P Lakukan Jalan Kaki ke KPU, Targetkan 18 Kursi di Jembrana

“Selama musim kemarau ini, kami sudah melakukan tiga kali pendistribusian kepada warga di sini,” kata AKP Suparta, dengan izin Kapolres Jembrana. Mereka juga berencana untuk terus berkoordinasi baik dengan pemerintah daerah maupun warga melalui bhabinkamtibmas untuk meningkatkan penyaluran air bersih, terutama kepada warga desa yang terdampak kekeringan. “Silakan sampaikan kepada kami melalui bhabinkamtibmas setempat, kita akan terus menyediakan pasokan air bersih,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 981x668