banner 981x668

Simulasi Sispamkota Digelar Polres Jembrana, 536 Personel Disiagakan untuk Pemilu 2024

Simulasi Pengamanan Pendemo dalam rangka Sispamkota Pemilu 2024 di Jembrana, Jumat (6/10/23). Sumber Foto: Hum JBR
banner 120x600

Jembrana (JPost) – Sebanyak 536 personil Polres Jembrana akan disiagakan dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 mendatang. Persiapan ini dirangkaikan dengan kegiatan apel kesiapan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang digelar di parkir belakang GOR Krisna Jvara, Kelurahan Dauhwaru, Jembrana, pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, menjelaskan bahwa Sispamkota ini diadakan untuk melatih personel pengamanan dalam menghadapi potensi kerawanan yang dapat muncul selama pemilu, mulai dari tahap pendaftaran, penetapan calon hingga tahap pencoblosan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memeriksa kesiapan personel dan sarana prasarana. Bersama dengan TNI dan berbagai pihak terkait serta penyelenggara pemilu, kami siap untuk menghadapi tahapan pemilu ini,” kata AKBP Juliana setelah pelaksanaan Sispamkota.

Selain itu, kegiatan Sispamkota juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pemilu yang damai dan menghindari tindakan anarkis atau gangguan keamanan. Untuk mengantisipasi hal ini, simulasi Sispamkota menjadi langkah penting.

“Saya yakin masyarakat Jembrana sudah paham bagaimana menjaga situasi kamtibmas. Mari kita jaga bersama-sama,” tambahnya.

Baca Juga:  Lagi Pembangunan Pabrik Pengolahan Limbah B3 Milik PT. Cimira Raharja Sinar Bali di Tolak Warga Pengambengan

AKBP Juliana juga menekankan bahwa Pemilu 2024 adalah ajang untuk menunjukkan persaudaraan dan persatuan meskipun terdapat perbedaan pilihan dan pendapat.

“Kesiapan kami ini adalah bentuk pertanggungjawaban kami dalam mempersiapkan pengamanan pemilu. Kami edukasi masyarakat bahwa perbedaan pilihan dan pendapat adalah hal yang wajar, tetapi kami akan menjaga agar Kabupaten Jembrana tetap kondusif,” katanya.

Untuk jumlah personel yang akan disiapkan mulai dari tahap pendaftaran, penetapan, dan kampanye, sekitar 536 personel akan diterjunkan. Selain itu, pola pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga telah disiapkan, dengan bantuan linmas dan backup dari TNI.

Ketua KPU Kabupaten Jembrana, I Ketut Gde Tangkas Sudiantara, menyampaikan pentingnya kerjasama antara berbagai pihak dalam menjaga integritas proses pemilihan serta berharap simulasi Sispamkota dapat memberikan dampak positif untuk keamanan dan kelancaran pemilu nanti.

“Semoga acara simulasi ini memberikan manfaat besar dalam memastikan Pemilu 2023-2024 berlangsung dengan aman dan lancar,” kata Gde Tangkas didampingi Ketua Bawaslu Jembrana, Made Widiastra.

Baca Juga:  Polres Jembrana Jaring Penyelundup Penyu Hijau

Pantauan di lokasi, Sispamkota dimulai dengan apel kesiapan, kemudian dilakukan simulasi tahap pencoblosan suara di TPS, hingga aksi protes warga yang berujung pada aksi demonstrasi di depan kantor KPU. Aksi demo tersebut direspons dengan atraksi pengamanan dari satuan Dalmas Polres Jembrana, hingga berakhir dengan pembubaran massa.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Wakil Bupati IGN Patriana Krisna, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jembrana juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 981x668