banner 981x668

Kekeringan di Jembrana Menjadi, PMI Bali Bantu Truck Untuk Menanggulangi

Petugas PMI Jembrana saat menyalurkan air bersih kepada warga. Kamis (19/10/23) Sumber : Lo/Istimewa
banner 120x600

Jembrana (JPost)– Truk tangki Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali yang diberdayakan di Kabupaten Jembrana selama sebulan terakhir telah mengirimkan sekitar 102 ribu liter air bersih kepada masyarakat yang sangat membutuhkannya. Kabupaten Jembrana telah mengalami krisis air bersih akibat musim kemarau yang masih berlangsung. Upaya penyediaan air bersih ini dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana dengan menggunakan truk tangki dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jembrana dan PMI Jembrana.

Sekretaris I PMI Kabupaten Jembrana, I Putu Sassu Budi Satwam, menjelaskan bahwa sejak 21 September lalu, PMI Jembrana telah menerima bantuan truk tangki dari PMI Bali untuk mengatasi kekeringan di Jembrana.

Baca Juga:  Ratusan Pedagang Pasar Umum Negara Menolak Revitalisasi, H.Yunus Tidak Sesuai Ekspektasi

“Truk tangki ini beroperasi setiap hari untuk menyuplai air dan berkoordinasi dengan BPBD. Mereka juga mendapat bantuan bahan bakar minyak (Dexlite) dari BPBD untuk menjalankan operasional penyediaan air bersih,” Ungkapnya.

Hingga saat ini, truk tangki telah melakukan pengiriman air sebanyak 21 kali ke 6 Banjar/lingkungan di 7 desa/kelurahan di 5 kecamatan. Total suplai air mencapai 102.500 liter dan telah membantu hampir 8.121 jiwa.

“Beberapa daerah yang mendapatkan bantuan meliputi Berangbang, Pendem, Mendoyo Dauh Tukad, Manistutu, dan Yehembang Kauh,” Tambahnya.

Selain menerima bantuan dari BPBD, PMI Jembrana juga melayani permohonan warga yang membutuhkan air bersih secara mandiri, dengan persetujuan kepala kewilayahan atau kepala lingkungan setempat. Operasional ini dibiayai oleh donasi donatur, terutama untuk biaya bahan bakar kendaraan tangki air, sementara tenaga yang menjalankan operasional ini berasal dari PMI Jembrana.

Baca Juga:  Puluhan burung Sitaan Di Bebas Liarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 981x668