banner 981x668

Kebakaran Lahan Kembali Terjadi di Jembrana, Kali ini di Kelurahan Loloan Barat

Aparat Kelurahan bersama Warga saat Meninjau lokasi Pasca Kebakaran Lahan Gambut di Lingkungan Terusan, Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Jembrana. Minggu (29/10/23). Sumber Foto : Yus JPost
banner 120x600

Jembrana (JPost) – Kebakaran Lahan Gambut kembali terjadi di Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Minggu (29/10/23). Hal ini terjadi lantaran ada pelayat membuang puntung rokok ke TKP yang kebetulan area tersebut masih dalam lahan pemakaman umum Jawa yang ditumbuhi pepohonan bambu dengan guguran daun yang mengering.

Kepala Lingkungan Terusan, Kelurahan Loloan Barat, Jainal Arifin saat ditemui di lokasi menjelaskan jika dirinya di informasikan oleh warga bahwa telah terjadi kebakaran di sungai mati sebelah pemakaman umum Jawa.

“Salah seorang warga menginformasikan saya, lalu saya kesini (TKP) untuk melihat keadaan, sempat juga bersama Kepala Lingkungan Ketugtug, Kelurahan Loloan Timur, Nurrudin karena yang dikuburkan adalah warganya, berjibaku memadamkan api tersebut, namun api terus menjalar ke arah selatan, saya langsung memanggil Pemadam untuk antisipasi,” Jelas Jainal.

Baca Juga:  Kasus Pengoplosan Gas LPG Abiansemal, Polda Bali Tetapkan Satu Tersangka

Jainal juga Menambahkan jika kejadian kebakaran di lokasi ini sudah beberapa kali terjadi. “Baru-baru ini juga, di sini sempat terjadi kebakaran namun kita dapat mengantisipasi dengan memakai mesin pompa air, dengan dibantu warga sekitar,” imbuhnya.

Kedepan Dirinya, bersama pihak Kelurahan Loloan Barat akan memasang banner petingatan untuk tidak membakarsampah disini demi keselamatan kita bersama.

Dari laporan tertulis yang di peroleh dari Damkar Jembrana bahwa pihaknya menerjunkan Empat armada dengan 30 menit waktu penanganan dan Menghabiskan 4500 Liter air.

Kepala Satua Polisi Pamong Praja Jembrana, I Made Leo Agus Jaya mengharap kejadian ini sebagai Pelajaran Kedepannya, mengingat musim kemarau yang masih melanda di Jembrana.

Baca Juga:  Ngopi Bareng Masyarakat, Dandim 1617 Jembrana Harap Masyarakat Dekat Dengan TNI

“Kita Himbau untuk Masyarakat selalu berhati-hati membakar sampah dan membuang puntung rokok maupun kegiatan lain yg berpotensi menyebabkan kebakaran.,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 981x668