banner 981x668

Hut Kota Negara Sederhana, Tamba : Moment Bangun Jembrana Lebih Baik

Keterangan Foto : Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Saat Pidato dalam acara resepsi Hut Kota Negara ke -129 di Pura Jagat Natha Jembrana, Kamis (15/8/25). Sumber Foto : Hum JBR
banner 120x600

Jembrana (JPost) – Kota Negara Kabupaten Jembrana kini genap berusia ke-129. Salah satu kabupaten di Provinsi Bali yang berada di ujung barat sekaligus sebagai pintu gerbang utama memisahkan pulau Bali dengan Pulau Jawa.

Sejarah Kota Negara sendiri memiliki cerita Panjang. Munculnya nama Jembrana berasal dari kawasan hutan belantara (jimbar-wana) yang dihuni (naga-raja). Pusat pemerintahan pertama bernama Puri Gede Jembrana dibangun pada awal abad ke-17 oleh I Gusti Made Yasa seorang penguasa Berangbang dengan raja pertama bernama I Gusti Ngurah Jembrana.

Sejak kekuasaan kerajaan dipegang oleh raja I Gusti Gede Seloka, puri baru dibangun sebagai pusat pemerintahan pada abad ke-19 yang diberi nama Puri Negeri Negara yang kemudian dikenal dengan nama Puri Agung Negara.

Dimasa kolonial, berdasarkan saatsblad van nederlandsch – indie nomor 175 tahun 1895 menetapkan nama-nama ibukota untuk daerah Buleleng dan Jembrana. Dengan demikian, sejak 15 Agustus 1895 ditetapkan Negara sebagai ibukota untuk daerah bagian Jembrana.

Pada peringatan tahun ini, HUT Kota Negara yang ke-129 mengambil tema “Jana Kerthi Pramaguna Wikrama” yang berarti Harkat Martabat Manusia Unggul.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba sendiri mengakui perayaan HUT Kota Tahun ini berlangsung sederhana. Namun Kesederhanaan itu disebutnya tanpa mengurangi makna dan arti peringatan, justru sebagai ruang untuk mengukur pencapaian. Wujud semangat dan komitmen bersama dengan bergandengan tangan menjadikan kabupaten Jembrana lebih baik, lebih maju serta senantiasa mendukung satu sama lain .

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun kota Negara yang ke-129 dilaksanakan di Stage Pura Jagatnatha, dihadiri oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Ibu Candrawati Tamba, jajaran Forkopimda, para pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Jembrana dan masyarakat yang juga tampak antusias untuk hadir.

Baca Juga:  Program Klasterku Hidupku, BRI Kanca Negara Sumbangkan Bantuan Sarpras Ke Kelompok Tani

Acara diisi dengan sejumlah agenda diantaranya pembaca sejarah singkat berdirinya kota Negara, penyerahan hadiah kepada pemenang berbagai lomba dalam rangka HUT RI dan HUT Kota Negara. Puncak acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tamba yang diserahkan kepada Wakil Ketua Sementara DPRD Jembrana I Made Sabda, Kamis (15/8) malam.

Tak hanya itu, penampilan bondres Rare Kual juga menjadi pengisi dan sekaligus penutup acara yang berhasil mengocok perut penonton dengan candaan khas mereka. Bahkan sejumlah penonton pun diajak naik ke atas panggung berpartisipasi dalam hiburan tersebut.

Bupati Tamba mengatakan meski digelar cukup sederhana, namun momentum peringatan Hari Ulang Tahun kota Negara ini menjadi semangat baru dalam berbagai upaya dalam pembangunan kabupaten Jembrana.

“Hari ini kita dengan suasana sederhana memperingati Hari Ulang Tahun kota Negara yang ke-129. Saya bersama segenap gerbong jajaran OPD dan seluruh masyarakat hari ini tidak pernah lepas dari tanggungjawab untuk membangun Jembrana yang lebih baik kedepannya,” ujar Bupati Tamba.

Pihaknya yakin dengan kerjasama dari berbagai pihak, impian untuk mewujudkan Jembrana Emas pasti bisa dicapai dan masyarakat Jembrana akan semakin sejahtera.

“Kita punya cita-cita besar, punya mimpi dan energi untuk itu. Saya merasa ada kekuatan yang luar biasa positif dari seluruh teman-teman OPD, Forkopimda dan masyarakat dalam mewujudkan Jembrana Emas 2026,” lanjutnya.

Baca Juga:  Bentuk Melestarikan Tradisi, Tamba Hadiri Lomba Jukung Desa Air Kuning

Bupati Tamba mengungkapkan triangle kota Negara akan segera dilengkapi dengan penataan Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Pasar Umum Negara yang segera diresmikan dan Pura Jagatnata yang akan memperkuat keseimbangan tata ruang serta mendukung pusat kegiatan ekonomi, budaya, dan pemerintahan.

Di usia kabupaten Jembrana yang ke 129 ini, Bupati Tamba juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihaknya yang memberikan dukungan sehingga bisa memberikan kesuksesan dalam berbagai hal yang telah bisa dicapai.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jembrana untuk segala capaian yang telah bisa kita capai. Saya juga mohon maaf bilamana ada kekurangan dalam mewakili seluruh jajaran OPD dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh komponen untuk terus bersinergi serta bekerja dengan lebih baik sehingga berbagai impian yang belum tercapai bisa diwujudkan.

“Ke depan kita akan terus belajar dan semakin fokus sehingga akhirnya seluruh pelayanan masyarakat itu bisa kita capai. Mari kita sambut tahun depan dengan penuh keyakinan dan kesuksesan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 981x668